Demo Blog

Depdiknas Perkenalkan TI Bagi Penyandang Kebutuhan Khusus

by Rahmatia Fitri on Nov.22, 2009, under

Memperkenalkan TI sedini mungkin bagi anak-anak Indonesia, terutama kepada mereka yang memiliki kebutuhan khusus, rupanya menjadi ambisi dari Eko Djatmika Sukarso, Direktur Pendidikan SLB, Departemen Pendidikan Indonesia.
Hal ini disampaikan pada pertemuan konferensi pers Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa dengan IBM, hari ini.

Sukarso menuturkan bahwa baginya TI merupakan pintu pendorong kemajuan bangsa. Ia kemudian mencontohkan bagaimana negara-negara Asia sempat mencanangkan silicon valley sebagai pusat pengembangan teknologi di negara mereka. Antara Indonesia, Malaysia, dan India sebagai contoh negara yang mencanangkan program ini, hanya India yang berhasil menerapkan program tersebut sehingga dari 10 silicon valley dunia, 6 berada di India, terangnya.

Dengan mengembangkan TI, terutama bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus, Sukarso berpendapat akan meningkatkan prestise mereka yang selama ini sering dipandang sebelah mata itu. Bekerjasama dengan IBM, perkenalan TI ini kemudian dilakukan dengan meluncurkan modul pembelajaran bagi anak-anak mulai dari bahasa hingga science menggunakan perangkat TI yang dimodifikasi.

Bagi anak TK hingga SD, IBM menyediakan perangkat yang disebut "kids smart learning program", seperti dijelaskan Suryo Suwigno, Presiden Direktur IBM Indonesia. Perangkat yang berisi pengajaran interaktif dan berbagai aktivitas pembelajaran mengguanakn teknologi terbaru. sehingga diharapkan dengan perangkat ini dapat menginaktakan semangat belajar anak. Peningkatan semangat belajar ini diklaim IBM memang terjadi, jelas Hartini Harris, Country Marketing Manager, IBM Indonesia. Menurutnya, setiap 6 bulan sekali setelah pengimplementasian produk, IBM kemudian mengadakan survey mengenai pengaruh produk terhadap anak, dan hasilnya ternyata menggembirakan, terangnya.

Sementara untuk anak SMP dan SMA, disediakan perangkat yang disebut sebagai TryScience. Perangkat ini menyediakan sejumlah permainan atraktif yang disertai pengetahuan seputar ilmu sains. IBM juga menyediakan Reading Companion, yaitu modul untuk belajar bahasa Inggris yang berbasis web, seperti dijelaskan Hartini.

Mereka yang tergolong sebagai anak penyandang kebutuhan khusus ini diantaranya adalah mereka yang memuliki kecacatan fisik, anak genius, anak dari wts, anak yang terkena narkoba, keterbelakangan mental. IBM sebegai penyedia perangkat tidak hanya mendorong orang lain agar memberikan kesempatan yang sama dan tak membedakan bagi para penyandang kebutuhan khusus ini, ujar Suryo. Namun di internal perusahaan sendiri, IBM menyatakannya dengan mempekerjakan beberapa pekerja dengan kebutuhan khusus ini serta memberikan pelatihan bagi para manajernya mengenai penanganan karyawan dengan kebutuhan khusus ini, tandas suryo.


Sumber : sda-indo.com
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!