Demo Blog

Internet Untuk Pendidikan

by Rahmatia Fitri on Nov.22, 2009, under

Pada masa sekarang perkembangan internet terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sudah berkembang pesat. Seperti computer, pada masa lalu computer digunakan untuk alat menghitung saja. Tapi sekarang sudah disempurnakan menjadi alat yang canggih atau modern yang bisa mengakses seluruh global. Computer pada masa lalu alatnya hanya sederhana, tapi sekarang banyak ditambah dengan alat-alat yang canggih seperti memori pada masa lalu hanya 6Mb tapi sekarang bisa mencapai 512Mb, pada masa lalu tidak ada VGA tapi sekarang sudah ada bahkan ada yang mencapai 128 VGA, dan banyak alat yang lainnya. Kesemua itu merupakan perkembangan zaman dimana antar negara saling bersaing untuk menjadi negara yang terkenal. Dan juga karena SDA (Sumber Daya Manusia) yang meningkat terus menerus.
Lalu untuk mengakses dunia maya (internet) diperlukan alat untuk menyambungkannya yaitu Modem. Banyak sekali modem yang dijual, semakin mahal modem tersebut maka semakin cepat untuk mengakses internet. Tapi jika semakin murah modem tersebut maka semakin lambat untuk mengakses internet. Internet banyak sekali kegunaannya, seperti ingin mencari berita yang masih hangat maka tinggal hanya mengakses internet saja dengan ada situs-situs tertentu. Bukan hanya itu saja internet juga bisa mencari teman untuk mengobrol yang sering disebut orang bermain chatting, dan banyak lainnya yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Hanya dengan melihat sendiri maka orang tersebut bisa mengerti. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Tapi dalam mengakses internet bukanlah gratis melainkan bayar dan bayarannya itu bukanlah mudah bahkan ada yang berjuta-juta hanya untuk mengakses internet saja. Tapi internet digunakan orang untuk keperluan yang sangat penting saja dan untuk menghilangkan stress.
Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan makalah ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan penelitian juga bisa seperti jurnal yang hanya bisa didapatkan di internet atau juga bisa melalui perpustakaan. Tapi hanya perpustakaan tertentu saja yang menyajikan jurnal tersebut. Biasanya hanya terdapat di pepustakaan universitas. Makanya orang berpikir, mengapa mereka dibuat susah oleh pekerjaan mereka maka dibuatlah internet. Tapi hanya orang tertentu saja yang memasang internet. Seperti yang dijelaskan diatas internet bukanlah gratis melainkan bayar untuk mengaksesnya. Tapi di tiap sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sudah memasang computer di tiap sekolah plus internet. Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya.
Internet merupakan sarana pendidikan untuk menambah wawasan. IPTEK di Indonesia cukup bagus. Dimana pendidiknya prepesional dan berpengalaman. Kesemua itu dilakukan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara terbelakang dalam hal pendidikan. Faktor yang menghambat pendidikan di Indonesia adalah kurangnya modal untuk mendirikan dan menyekolahkan orang-orang yang kurang mampu. Tapi pemerintah sudah berusaha sebaik mungkin dengan mengadakan beasiswa bagi siswa dan siswi yang berprestasi. Kesemua itu dilakukan agar memacu semangat belajar bagi siswa dan siswi.
Kembali ke internet, internet bisa mendounloud data-data yang kita perlukan untuk sehari-hari. Kemudian internet bisa mencari-cari data-data yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Dengan mencarinya di google. Hidup manusia dimanjakan oleh mesin karena serba bisa. Internet menjadi sangat diperlukan jika kita ada suatu pekerjaan yang tidak bisa kita selesaikan dengan mencarinya di buku.
Sekarang kita tahu manfaat internet dalam perkembangan IPTEK, mencari semua ilmu yang kita tidak ketahui menjadi tahu. IPTEK tidak bisa berkembang jika tidak ada internet. Oh iya, contoh negara yang sudah dipasang pengaman agar data atau informasi tentang negaranya tidak bisa diketahui negara lain maupun negara tetangganya, yaitu Negara Amerika Serikat. Yang bekerja sama dengan PBB agar data pentingnya tidak dibaca oleh orang lain yang sering disebut orang Pentagon. Yang katanya passwordnya ada 12 kata dan setiap hari passwordnya diganti. Itu hanya isu, tidak tahu apa sebernanya. Tapi walaupun begitu, Pentagon pernah kebobolan oleh Hacker yang berasal dari Italy. Kemudian Hacker tersebut dicari dan dapat dan lalu hecker itu ditembak mati. Baik kita kembali ke IPTEK, IPTEK sebenarnya sangat berguna untuk perkembangan pendidikan. IPTEK biasanya berhubungan dengan konsevasi-konsevasi pendidikan dan juga memerlukan internet untuk mencarinya. Tidak hanya di computer internet juga sudah ada di Hp. Tapi tidak secanggih computer, internet di Hp masih bersifat standar. Hanya situs-situs tertentu saja yang bisa dibuka. Dalam perkembangannya IPTEK di Indonesia sepeti di atas mengalami kemajuan dengan bertambahnya fasilitas-fasilitas belajar. Semoga pendidikan di Indonesia setara dengan negara-negara Eropa bahkan kalau bisa melebihinya. Karena selama ini, pendidikan di Indonesia di bawah rata-rata standar. Dan juga agar menjadi negara yang maju seperti negara Amerika Serikat.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!